mp3

Sabtu, 05 Mei 2018

E - Commerce & E - Bussines


SISKA FEBRIYANTY 
STRATEGI BISNIS SISTEM INFORMASI ( SBSI ) 
STMIK  INDONESIA PADANG
 update : 05 Mei 2018

1.      Jelaskan e-Commerce dan bedakan dari e-business,,!
E-commerce adalah dimana dalam satu website menyediakan atau dapatmelakukan Transaksi secara online atau juga bisa merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“.
Perbedaan e-Commerce dari e-Business yaitu :
E-Business yang cakupannya lebih luas dari E-CommerceE-Business adalah proses jual-beli barang atau jasa, dan juga pelayanan kostumer, bekerja sama dengan partner, dan melakukan transaksi secara elektronik dalam sebuah perusahaan. E-Business memiliki karakteristik tujuan yang sama dengan bisnis secara konvensional. Hanya saja, E-Business memiliki scope yang berbeda. Bisnis mengandalkan pertemuan antar pebisnis seperti halnya rapat ditempat khusus, atau sekedar untuk berkenalan dengan partner bisnis. Sedangkan E-Business mengandalkan media Internet sebagai sarana untuk memperoleh tujuannya. Contoh E-Business yang terkenal di Indonesia adalah KasKus.

2.      Cantumkan berbagai jenis utama e-Commerce (berdasarkan transaksi)!
a.       Bussines to Bussines (B2C) Bussines to Bussines merupakan tipe e-commerce yang diterapkan saat ini. Jenis ini merupakan transaksi elektonik yang dilakukan antar perusahaan atau organisasi. Transaksi yang digunakan dalam B2C menggunakan EDI (Elektronic Data Interchange) dan e-mail untuk pembelian barang dan jasa, informasi, dan konsultasi. B2C dapat pula berupa pengiriman dan permintaan proposal bisnis. Contoh situs yang mengunakan B2C adalah indonetwork dan Globalmart.
b.      Bussines to Consumer (B2C) Ini merupakan jenis transaksi elektronik baik berupa barang atau jasa yang dilakukan antara organisasi (bussines) dengan konsumen perorangan. E-commerce jenis ini biasanya kita temui dalam bentuk online shop yang memiliki website sendiri kemudian menjual produknya secara langsung. Fokus utama pelaku B2C adalah untuk mendapatkan profit dari penjualan produk. Contoh yang sering di temui di Indonesia misalnya Lazaa, Bilna, Tiket.com dan lain sebagainya.
c.       Consumer to Consumer (C2C) E-commerce dimana transaksi dilakukan oleh konsumen yang satu kepada konsumen yang lain, jenis ini sangat menjamur di Indonesia. Consumer to Consumer terjadi ketika seseorang menjual barang atau jasanya langsung kepada orang lainnya. Contoh yang sering kita temui adalah bukalapak dan tokopedia
d.      Consumer to Bussines (C2B) Jenis e-commerce ini memungkinkan perorangan melakukan transaksi jual beli berupa barang atau jasa kepada atau dari organisasi/perusahaan.

3.      Bedakan antara EC, B2C, B2B, dan Intra Bisnis!
a.      EC
E-Commerce dapat diartikan sebagai rangkaian kegiatan usaha perdagangan yang sebagian atau seluruhnya menggunakan media internet sebagai media komunikasinya. Disebutkan sebagian atau seluruhnya karena kegiatan e-commerce sangat beragam. Ada yang menggunakan internet sebagai media kegiatan perdagangan mulai dari proses produksi, iklan, penjualan, pembayaran, pengiriman, dan pencatatan. Namun, ada juga yang hanya menggunakan internet sebagai media pada sebagian proses perdagangan.
b.      B2C
Business to Consumers (B2C) adalah jenis bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsumen, seperti antara produsen yang menjual dan menawarkan produknya ke konsumen umum secara online. Disini pihak produsen akan melakukan bisnis dengan menjual dan memasarkan produknya ke konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen untuk melakukan bisnis kembali kepada pihak produsen, yang artinya produsen hanya menjual atau memasarkan produk ataupun jasanya dan pihak konsumen hanya sebagai pemakai atau pembeli.
c.      B2B
Jenis e-commerce Business to Business atau B2B adalah bisnis yang dilakukan oleh orang atau pihak yang saling memiliki kepentingan bisnis, atau bisa juga disebut bisnis antar perusahaan. Biasanya bisnis B2B dilakukan menggunakan EDI (Electronic Data Interchange) dan email yang berguna untuk pembelian barang dan jasa, informasi dan konsultasi, atau pengiriman dan permintaan proposal bisnis. EDI (Electronic Data Interchange) adalah proses transfer data yang terstruktur, dalam format standar yang disetujui, dari satu sistem komputer ke sistem komputer lainnya, dalam bentuk elektronik.
d.     Intra Bisnis
Dalam situasi ini perusahaan menggunakan ecommerce secara internal untuk memperbaiki operasinya. Kondisi khusus dalam hal ini disebut sebagai e-commerce B2E(business to its employees) yang digambarkan dalam studi kasus terbuka.

4.      Jelaskan ruang lingkup e-Commerce!
·         Business to business
Merupakan bisnis komunikasi anatar pelaku bisnis atau transaksi secara elektronik antar perusahaan yang dilakukan secara rutin dan dalam kapasitas produk yang besar. Contohnya http://www.alibaba.com
·         Business to costumers
Merupakan system komunikasi bisnis antar pelaku bisnis dengan konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu. Contohnya http://www.ebay.com
·         Costumers to bussines
Merupakan individu yang menjual jasa kepada organisasi dan individu yang mencari penjual dan melakukan transaksi. Contohnya priceline.com
·         Costumers to costumers
Merupakan system komunikasi dan transaksi bisnis antar konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu. Contohnya kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

E - Commerce & E - Bussines

SISKA FEBRIYANTY   STRATEGI BISNIS SISTEM INFORMASI ( SBSI )   STMIK  INDONESIA PADANG   update : 05 Mei 2018 1.       Jelaskan e-C...