SISKA FEBRIYANTY
STRATEGI BISNIS SISTEM INFORMASI ( SBSI )
STMIK INDONESIA PADANG
update : 05 Mei 2018
1. Jelaskan
e-Commerce dan bedakan dari e-business,,!
E-commerce adalah dimana dalam satu website menyediakan atau
dapatmelakukan Transaksi secara online atau juga bisa merupakan suatu cara
berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan
fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get
and deliver“.
Perbedaan e-Commerce dari e-Business yaitu :
E-Business yang cakupannya lebih luas dari E-Commerce. E-Business adalah proses jual-beli barang
atau jasa, dan juga pelayanan kostumer, bekerja sama dengan partner, dan
melakukan transaksi secara elektronik dalam sebuah perusahaan. E-Business memiliki karakteristik tujuan yang
sama dengan bisnis secara konvensional. Hanya saja, E-Business memiliki scope yang berbeda. Bisnis mengandalkan pertemuan
antar pebisnis seperti halnya rapat ditempat khusus, atau sekedar untuk
berkenalan dengan partner bisnis.
Sedangkan E-Business mengandalkan media
Internet sebagai sarana untuk memperoleh tujuannya. Contoh E-Business yang
terkenal di Indonesia adalah KasKus.
2. Cantumkan
berbagai jenis utama e-Commerce (berdasarkan transaksi)!
a. Bussines to Bussines (B2C) Bussines to
Bussines merupakan tipe e-commerce yang diterapkan saat ini. Jenis ini
merupakan transaksi elektonik yang dilakukan antar perusahaan atau organisasi.
Transaksi yang digunakan dalam B2C menggunakan EDI (Elektronic Data
Interchange) dan e-mail untuk pembelian barang dan jasa, informasi, dan
konsultasi. B2C dapat pula berupa pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
Contoh situs yang mengunakan B2C adalah indonetwork dan Globalmart.
b. Bussines to Consumer (B2C) Ini merupakan
jenis transaksi elektronik baik berupa barang atau jasa yang dilakukan antara
organisasi (bussines) dengan konsumen perorangan. E-commerce jenis ini biasanya
kita temui dalam bentuk online shop yang memiliki website sendiri kemudian
menjual produknya secara langsung. Fokus utama pelaku B2C adalah untuk
mendapatkan profit dari penjualan produk. Contoh yang sering di temui di
Indonesia misalnya Lazaa, Bilna, Tiket.com dan lain sebagainya.
c. Consumer to Consumer (C2C) E-commerce
dimana transaksi dilakukan oleh konsumen yang satu kepada konsumen yang lain,
jenis ini sangat menjamur di Indonesia. Consumer to Consumer terjadi ketika
seseorang menjual barang atau jasanya langsung kepada orang lainnya. Contoh
yang sering kita temui adalah bukalapak dan tokopedia
d. Consumer to Bussines (C2B) Jenis
e-commerce ini memungkinkan perorangan melakukan transaksi jual beli berupa
barang atau jasa kepada atau dari organisasi/perusahaan.
3. Bedakan
antara EC, B2C, B2B, dan Intra Bisnis!
a. EC
E-Commerce
dapat diartikan sebagai rangkaian kegiatan usaha perdagangan yang sebagian atau
seluruhnya menggunakan media internet sebagai media komunikasinya. Disebutkan
sebagian atau seluruhnya karena kegiatan e-commerce sangat beragam. Ada yang
menggunakan internet sebagai media kegiatan perdagangan mulai dari proses
produksi, iklan, penjualan, pembayaran, pengiriman, dan pencatatan. Namun, ada
juga yang hanya menggunakan internet sebagai media pada sebagian proses
perdagangan.
b. B2C
Business
to Consumers (B2C) adalah jenis bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis
dengan konsumen, seperti antara produsen yang menjual dan menawarkan produknya
ke konsumen umum secara online. Disini pihak produsen akan melakukan bisnis
dengan menjual dan memasarkan produknya ke konsumen tanpa adanya feedback dari
konsumen untuk melakukan bisnis kembali kepada pihak produsen, yang artinya
produsen hanya menjual atau memasarkan produk ataupun jasanya dan pihak
konsumen hanya sebagai pemakai atau pembeli.
c. B2B
Jenis e-commerce Business to Business atau B2B adalah
bisnis yang dilakukan oleh orang atau pihak yang saling memiliki kepentingan
bisnis, atau bisa juga disebut bisnis antar perusahaan. Biasanya bisnis B2B
dilakukan menggunakan EDI (Electronic Data Interchange) dan email yang berguna
untuk pembelian barang dan jasa, informasi dan konsultasi, atau pengiriman dan
permintaan proposal bisnis. EDI (Electronic Data Interchange) adalah proses
transfer data yang terstruktur, dalam format standar yang disetujui, dari satu
sistem komputer ke sistem komputer lainnya, dalam bentuk elektronik.
d. Intra
Bisnis
Dalam
situasi ini perusahaan menggunakan ecommerce secara internal untuk memperbaiki
operasinya. Kondisi khusus dalam hal ini disebut sebagai e-commerce
B2E(business to its employees) yang digambarkan dalam studi kasus terbuka.
4. Jelaskan
ruang lingkup e-Commerce!
·
Business to business
Merupakan bisnis
komunikasi anatar pelaku bisnis atau transaksi secara elektronik antar
perusahaan yang dilakukan secara rutin dan dalam kapasitas produk yang besar.
Contohnya http://www.alibaba.com
·
Business to costumers
Merupakan system
komunikasi bisnis antar pelaku bisnis dengan konsumen untuk memenuhi kebutuhan
tertentu pada saat tertentu. Contohnya http://www.ebay.com
·
Costumers to bussines
Merupakan individu yang
menjual jasa kepada organisasi dan individu yang mencari penjual dan melakukan
transaksi. Contohnya priceline.com
·
Costumers to costumers
Merupakan system
komunikasi dan transaksi bisnis antar konsumen untuk memenuhi kebutuhan
tertentu pada saat tertentu. Contohnya kaskus.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar